cover
Contact Name
Deni eko saputro
Contact Email
061002218@uii.ac.id
Phone
+62274-881546
Journal Mail Official
editor.jsb@uii.ac.id
Editorial Address
Management Development Centre (MDC) Faculty of Business & Economics, Universitas Islam Indonesia Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Siasat Bisnis
ISSN : 08537666     EISSN : 25287001     DOI : https://doi.org/10.20885/jsb
Core Subject : Science, Social,
Jurnal Siasat Bisnis (JSB) is a peer review journal published twice a year (January and July) by Management Development Centre (MDC)-Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Islam Indonesia. JSB) addresses the broad area of management science and its applications in industry and business. It is particularly receptive to research relevant to the practice of management within the emerging regions and its effects beyond. It covers studies on how management work is done (descriptive) and/or should be done (normative) in diverse organisational forms, either in profit or non-profit firms, private or public sector institutions, or formal or informal social networks. We welcome qualitative studies with high-quality, rigorous methods, and strong impact on the field. Topics covered include, but not strictly limited to: 1. Business and management strategy 2. Marketing management 3. Operations management 4. Computing and technology management 5. Finance and investment management 6. Innovation and knowledge-based management 7. Entrepreneurship 8. Organisational behaviour and people management 9. Corporate social responsibility 10. Islamic business and management
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 16 No. 1 (2012)" : 10 Documents clear
Pengaruh Pererangkaan Pesan pada Persepsi Risiko Konsumen dengan Motivasi sebagai Variabel Pemoderasi Euis Soliha; BM. Purwanto
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 16 No. 1 (2012)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh pererangkaan pesan dalam iklan pada persepsi risiko konsumen yang dimoderasi oleh motivasi konsumen. Untuk menguji hipotesis, penelitian ini menggunakan eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Pererangkaan pesan merupakan variabel independen yang dimanipulasi ke dalam pererangkaan pesan positif dan pererangkaan pesan negatif. Persepsi risiko konsumen merupakan variabel dependen. Sedangkan motivasi konsumen merupakan variabel moderasi yang diukur menjadi dua kategori, yaitu motivasi rasional dan motivasi emosional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi risiko konsumen dengan pererangkaan pesan positif dan persepsi risiko konsumen dengan pererangkaan pesan negatif dan motivasi konsumen memoderasi pengaruh pererangkaan pesan pada persepsi risiko konsumen.Kata kunci: pererangkaan pesan, motivasi, motif rasional, motif emosional, persepsi risiko konsumen.
The Application of Formative Model Procedures to Assess The Quality of Measurements: The Case of Job Embeddedness’ Dimensions Gugup Kismono
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 16 No. 1 (2012)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

“Kelekatan pekerjaan” (job embeddedness) sebagai sebuah model kontemporer perputaran karyawan menarik perhatian para ilmuwan dan peneliti. Model ini telah dipandang lebih unggul dibanding model tradisional dalam menjelaskan perputaran sukarela karyawan. Berdasarkan pada taksonomi konstruk multidimensional, kelekatan pekerjaan harus diperlakukan sebagai model agregat. Model agregat mensyaratkan bahwa sebuah konstruk dibentuk atau disebabkan (bukan menyebabkan) oleh indikator-indikator. Sebagai konsekuensinya, konstruk kelekatan pekerjaan harus diklasifikasikan ke dalam model alat ukur formatif. Namun demikian, sejauh ini evaluasi atas alat ukur kelekatan pekerjaan masih menggunakan prosedur model reflektif. Karena kelekatan pekerjaan merupakan konstruk formatif, penggunaan prosedur model reflektif untuk mengevaluasi alat ukurnya berpotensi menghasilkan kesalahan construct misspesification. Riset ini menawarkan metoda alternatif yang lebih sesuai untuk mengevaluasi kualitas alat ukur kelekatan pekerjaan, khususnya dimensi-dimensinya. Hasil riset menunjukkan bahwa penggunaan model reflektif tidak cocok. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan hasil antara penggunaan model reflektif dan model formatif.Kata kunci: kelekatan pekerjaan, perputaran sukarela karyawan, model formatif, model reflektif, misspecification.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpriced Aninda S. Sarawati; Majidah Majidah
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 16 No. 1 (2012)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Underwriter berperan dalam menentukan harga saham perdana perusahaan yang go public, sehingga mempunyai informasi yang lebih banyak mengenai pasar modal dibandingkan dengan calon emiten. Kondisi asimetri informasi inilah yang menyebabkan terjadinya underpriced. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang diduga mempunyai pengaruh terhadap tingkat underpriced. Faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap underpriced antara lain reputasi underwriter, persentase saham yang dimiliki perusahaan, skala perusahaan, umur perusahaan, ROA dan financial leverage. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif. Penelitian menggunakan sampel perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2005-2009 dan mengalami underpriced. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keenam faktor yang diajukan berpengaruh terhadap tingkat underpriced secara simultan. Sedangkan secara parsial, hanya faktor reputasi underwriter dan persentase saham yang dimiliki perusahaan yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat underpriced.Kata kunci: Underpriced, Initial Public Offering, Underwriter
Partial and Total Disaggregation Framework of A Second-Order Construct of Organisational Culture Amin Wibowo
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 16 No. 1 (2012)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Satu hal yang penting dalam penelitian organisasi adalah penilaian validitas konstruk ukuran atau kedalamannya. Beberapa metode tersedia secara luas namun para peneliti telah berkesimpulan untuk mengakui kekuatan analisis faktor konfirmatori dalam menyelidiki validitas konstruk ukuran. Dalam tulisan ini, model pemilahan total (Total Dissagregation) dan pemilahan parsial (Partial Dissagregation) diterapkan dalam upaya untuk memberikan perbandingan empiris pengukuran konstruk dua tingkat (second-order construct) di bawah kedua metode ini. Konstruk dua tingkat budaya organisasi terdiri dari lima konstruk tingkat pertama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara umum, kedua model menghasilkan hasil yang sangat mirip. Persyaratan validitas konvergen dan reliabilitas skala konstruks dipenuhi, diskriminan uji validitas terpenuhi, dan keseluruhan indeks kebaikan (goodness-of-fit indices) memenuhi patokan yang diterapkan. Dengan demikian, analisis mendukung penggunaan konstruks dua tingkat budaya organisasi dan menyediakan contoh bagi para ahli bagaimana model ini diterapkan dalam pemodelan persamaan struktural.Kata kunci: Persamaan Pemodelan Struktural, Pemilahan Parsial, Pemilahan Total, Konstruks dua tingkat, Budaya Organisasi.
Anteseden dan Impak Komitmen Organisasional pada Organisasi Publik Judul Muhammad Lizamul Widad Firhana; Budi Santoso
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 16 No. 1 (2012)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji konstruk komitmen organisasional di sektor organisasi publik. Pengujian ini juga bertujuan memperkuat legitimasi konstruk komitmen organisasional untuk organisasi publik, khususnya di lingkungan budaya yang berbeda. Komitmen organisasional terdiri dari identifikasi, afiliasi, dan pertukaran. Anteseden komitmen organisasional terdiri dari partisipasi, penetrasi politik, kualitas supervise, peningkatan karier, pelayanan publik, pembelajaran, dan kepuasan gaji. Sedangkan keluaran komitmen di sektor publik terdiri dari keinginan bertahan, intensi turnover, dan perilaku ekstra. Partisipasipan berjumlah 215 pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah. Dengan menggunakan analisis jalur, penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa hanya kesempatan berpartipasi dan kejelasan karier mempengaruh secara positif ketiga jenis komitmen organisasional sektor publik, sedangkan variabel anteseden lain bersifat terbatas hanya mempengaruhi salah satu komitmen organisasional sektor publik. Sedangkan impak setiap komitmen berbeda-beda. Komitmen identifikasi dan pertukaran memberikan impak pada keinginan bertahan dan mengurangi intense turnover. Impak komitmen afiliasi yaitu hanya pada keinginan berperilaku ekstra melampui konteks bidang pekerjaannya.Kata kunci: Antesenden, komitmen organisasional, organisasi publik.
ANALISIS LINGKUNGAN INDUSTRI DAN FORMULASI STRATEGI: STUDI PENGEMBANGAN INSTITUSI RUMAH SAKIT Dudi Permana; Niki Lukviarman
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 16 No. 1 (2012)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan industri dalam hubungannya dengan formulasi strategi sebagai bagian dari proses manajemen stratejik, di dalam pengembangan institusi rumah sakit. Identifikasi dilakukan terhadap berbagai faktor lingkungan industri rumah sakit, dengan karakteristik sebagai sektor publik yang tidak hanya melaksanakan fungsi pelayanan kesehatan masyarakat, namun juga mempunyai fungsi pendidikan dan penelitian. Dengan menggunakan data sekunder maupun primer terhadap Rumah Sakit X, dapat diidentifikasi berbagai hal terkait dengan lingkungan spesifik industri rumah sakit untuk penyusunan formulasi strategi. Studi ini merekomendasikan tiga hal terkait penguatan strategi Rumah Sakit X; (a) optimalisasi fungsi penelitian dan pengembangan, (b) efektifitas pengelolaan sumber daya keuangan, serta (c) program terstruktur terhadap pengembangan sumber daya manusia. Selanjutnya, direkomendasikan agar organisasi memilih strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk.Keywords; Lingkungan Industri, Formulasi Strategi, Keunggulan Kompetitif, Penetrasi Pasar
Pengaruh Penganggaran Partisipatif terhadap Kinerja Manajerial dengan Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan sebagai Variabel Moderating Rusman Soleman
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 16 No. 1 (2012)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh interaksi penganggaran partisipatif dengan budaya organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja manajerial secara simultan dan interaksi penganggaran partisipatif dengan budaya organisasi terhadap kinerja manajerial serta interaksi penganggaran partisipatif dengan gaya kepemimpinan terhadap kinerja manajerial secara parsial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dan untuk menguji hipotesis digunakan analisis MRA (Moderating Regression Anlysis). Survey dilakukan pada 144 aparatur yang terlibat dalam proses penyusunan anggaran pada Pemerintah Daerah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi penganggaran partisipatif dengan budaya organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja manajerial berhubungan positif. selanjutnya interaksi penganggaran partisipatif dan budaya organisasi berpengaruh negatif terhadap kinerja manajerial, sementara interaksi penganggaran partisipatif dengan gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial.Kata Kunci: Penganggaran Partisipatif, Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan dan Kinerja Manajerial.
Proses Pembentukan Perilaku Niat Wisatawan Berkunjung Kembali Mokh Adib Sultan; Tulus Haryono; Budhi Haryanto; Asri Laksmi Riani
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 16 No. 1 (2012)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh terhadap persepsi kualitas, nilai yang dirasakan, niat berkunjung kembali, dan dimediasi pada kepuasan wisatawan. Sampel terdiri dari 200 wisatawan yang memiliki niat berkunjung kembali ke pariwisata heritage di Bandung, Teknik sampel yang menggunakan Convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan metode kuesioner. Teknik Persamaan model struktural (SEM) adalah metode statistik yang dipilih untuk menguraikan antara variabel teramati. Hasil menunjukkan bahwa kualitas yang dirasakan memiliki pengaruh signifikan positif pada nilai yang dirasakan dan niat berkunjung kembali, tetapi tidak signifikan pada kepuasan wisatawan. Nilai yang dirasakan memiliki pengaruh signifikan positif terhadap kepuasan wisatawan, dan niat berkunjung kembali. Kepuasan wisatawan memiliki efek positif dan signifikan terhadap niat berkunjung kembali.Kata Kunci: persepsi kualitas pelayanan, persepsi nilai, kepuasan wisatawan, niat berkunjung kembali.
Pengaruh Persepsi Keamanan dan Privasi terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Online Bondan Satrio Kinasih; Albari Albari
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 16 No. 1 (2012)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam konteks pemasaran capaian kepuasan konsumen menjadi salah satu tujuan dilakukannya kegiatan pemasaran. Namun kepuasan saja mungkin tidak cukup untuk membangun hubungan jangka panjang pelanggan terhadap penyedia layanan. Diperlukan aspek lain seperti kepercayaan sebagai katalis penting, terutama jika dikaitkan untuk membangun hubungan bisnis online. Apalagi konsumen cenderung masih kurang percaya dengan keamanan dan privasi mereka ketika melakukan hubungan melalui internet dibandingkan dengan transaksi melalui toko offline. Keterkaitan keempat aspek tersebut digambarkan dalam model penelitian ini dengan menetapkan persepsi keamanan dan privasi sebagai variabel anteseden, kepuasan sebagai variabel mediator, dan kepercayaan konsumen online sebagai variabel endogen. Subyek penelitian melibatkan sampel konsumen yang sudah pernah melakukan transaksi secara online sebanyak 96 orang dan sampel diperoleh melalui teknik convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif persepsi keamanan dan privasi terhadap kepuasan konsumen online. Kedua variabel tersebut bersama-sama dengan kepuasan juga bisa berpengaruh positif terhadap kepercayaan konsumen online tersebut.Kata kunci: persepsi keamanan, persepsi privasi, kepuasan, kepercayaan.
Fairness of Strategic Resource Allocation, Team Commitment and Commitment to Implementing Strategy in Indonesian International Joint Ventures Syukri Lukman; Aizzat Mohd. Nasurdin; Osman Mohamad
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 16 No. 1 (2012)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara keadilan alokasi sumber daya strategis, komitmen manajemen tim ke beberapa pihak, dan strategi perusahaan patungan internasional di Indonesia. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 113 perusahaan patungan internasional. Hasil analisis regresi menunjukkan adanya hubungan positif antara keadilan alokasi sumber daya strategis dan komitmen tim untuk menerapkan strategi dimana komitmen tim bertindak sebagai mediator. Selain itu, keadilan alokasi sumber daya strategis mempunyai hubungan positif dengan komitmen tim dan strategi tim.Kata kunci: Keadilan Alokasi Sumber Daya Strategis, Komitmen Tim, Komitmen Implementasi Strategi, Perusahaan Patungan Internasional, Indonesia

Page 1 of 1 | Total Record : 10